-100 SAK SEMEN DIBAYAR CUMA 220 PERAK-

10 bulan yang lalu        Cerita Kuli    
-100 SAK SEMEN DIBAYAR CUMA 220 PERAK-

Inilah realita pekerjaan sekarang, didunia serba modern, hiruk pikuk kemewahan membuat terkadang sesuatu yang 'ringan' dibayar 'berat', dan yang 'berat' justru di bayar RINGAN. 

Sebelum menutup toko bangunan pukul 16.00 sore, tiba-tiba datang pengiriman truk semen, sontak membuat tak jadi menutup Toko. 

Terlihat kuli panggul tersebut sendirian, tak membawa kernet. Dan saya kenal tapi tak seberapa dekat *temen tongkrongan warung depan gudang

Terlihat tampak letih, badan penuh dengan 'debu' semen, sedang bersandar di pinggir truk. 

Setelah saya hitung sisa semen di Toko, akhirnya saya dekati kuli panggul tersebut untuk menemani ngobrol. Salah satu kebiasaan yang sering saya lakukan biasanya kalau ada sales atau orang ngirim ngirim barang ke Toko.

Dari pembahasan tentang distributor semen (Langganan) yang terlilit hutang sampai 2M sampai ke pekerjaan. Entah kepikiran apa, sampai saya berani menanyakan ini "Piro mas bayarane sampean kerjo nak semen? (Berapa bayaran kerja di semen?) " 

" Per 200 sak semen oleh e mek sekitaran Rp. 45.000! Iku durung dibagi ambek kernete mas, biasane lek ambek kernet aku mek oleh Rp. 10.000 dadi supir, lek ijenan ngene tak pek kabeh mas!! ( Per 200 sak semen dapat cuma sekitar Rp.45.000! Itu belum dibagi sama kernetnya mas, biasanya kalau sama kernet aku cuma dapat Rp.10.000 karena supir aja, kalau sendirian gini ya tak 'ambil' semua mas)"

Mari kita fikirkan, 
200 sak semen x 40kg = 8000kg

8000kg yang harus dia angkat demi mendapatkan 220 perak per semen

* kernet ini yang biasanya tugasnya angkut semen

Jleb. 

Pekerjaan berat di bayar ringan. 

Upah yang diterimanya tak begitu besar!

Sebenarnya profesi kuli angkat semen 40kg begitu berat menurut saya, bahkan saya sendiri beberapa kali bantu tukang saya untuk mengangkut ke pick up atau 'gledekan'. Beda saya dengan mereka? Saya biasanya 'merangkul' semen tersebut untuk memindahkanya, mereka? Diangkat menggunakan KEPALA! YAP! KEPALA TERSEBUT UNTUK MENGANGKAT BEBAN 1 sak semen seberat 40kg! 

(Coba googling Resiko Semen Terhadap Kesehatan salah satunya bisa menyebabkan iritasi pada pernafasan)

Obrolan tersebut, menjadi cambukan buat saya pribadi, betapa ringanya pekerjaan yang berat, dan beratnya pekerjaan yang ringan. Se-akan akan Allah mengingatkan kita untuk terus bersyukur, bersyukur, dan bersyukur dengan segala kondisi. Hingga terselip di cita-cita saya, untuk bisa MEMAKMURKAN Minimal tukang/kuli orang selama ini dekat dengan saya dan LOYAL terhadap toko bangunan dari tahun 1980an hingga 2017, dari Suramadu belum jadi jalan penghubung Surabaya-Madura . 

Saya yakin dan akan menjadikan segala yang mereka lakukan itu berat, harus dibayar dengan balasan yang berat. Semoga tercapai. Aminn.

Dan tak lupa untuk mengingatkan, jika kita MEMBERI maka jangan takut untuk jatuh MISKIN. 

Semoga ini jadi REMINDER untuk pribadi pribadi yang berakal, untuk tetap selalu semangat berjuang dan hari-hari di penuhi rasa syukur. 

Gak ada patokan kata cukup disetiap kita pribadi, karena dijelaskan dalam Islam diajarkan FITRAH nya manusia, telah terbukti bahwa setiap manusia selalu berusaha untuk memenuhi segala kekurangan yang ada pada dirinya. Dengan potensi akal yang dimilikinya, manusia akan terus mencari segala bentuk kesempurnaan dirinya. Dengan itu, ia berusaha mencari berbagai bentuk sarana penunjang demi tercapainya kesempurnaan yang ia harapkan. 

Sebelum kita memberi patokan rasa cukup itu, coba definisikan dalam hati seperti apa kata cukup itu ?

Catatan : jika ada salah salah kata itu semuanya dari Saya pribadi mohon di tegur, dan jika ada sesuatu kebaikan dan ilmu semuanya datang dari Allah Subhanahu wa Ta'ala

Jazakumullah khoiron

M. FIKRI ABDILAH (Kuli Online)

silahkan share jika bermanfaat :)


Bagikan Artikel -100 SAK SEMEN DIBAYAR CUMA 220 PERAK-


Komentar Untuk -100 SAK SEMEN DIBAYAR CUMA 220 PERAK-